Share and discuss it, you'll get the new one

Wednesday, December 12, 2012

Media 2D & 3D

Pengertian :

  • Media dua dimensi adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar yang berada pada satu bidang datar. Media pembelajaran dua dimensi meliputi grafis, media bentuk papan, dan media cetak yang penampilan isinya tergolong dua dimensi.
  • Media tiga dimensi adalah sebutan umum untuk alat peraga yang memiliki ukuran panjang ,lebar dan tinggi  pada koordinat x.y dan

Perbedaan Grafik 3D dan 2D

Bentuk sederhana dari grafik komputer ada 2 yaitu ;
  • Grafik komputer 2 dimensi biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan. 
  • Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.


Konsep untuk membuat animasi 2D & 3D
 
  • Konsep untuk membuat animasi 2d meliputi :
  1. Membuat konsep dan Ide cerita -> sinopsis
  2.  Membuat Storyboard
  3. Menggambar Karakter
  4. Menggambar Latar belakang dan objek lain
  5. Pewarnaan
  6. Proses animasi
  7. Penggabungan animasi
  8. Pengsian suara 
  9. Konversi Animasi Flash (SWF) ke VCD
  • Konsep untuk membuat animasi 3D meliputi :
  1. Viewport
  2. Membuat Objek 
  3. Memodifikasi Objek 
  4. Memberi Material pada Objek 
  5. Mengatur Pencahayaan 
  6. Menggunakan Kamera 
  7. Membuat Animasi  
  8. Render 
  9. Mengolah Sistem Partikel 
  10. Latihan Aplikasi Animasi 3D

Aplikasi gambar 3D & 2D

  • Aplikasi 2D meliputi:
CorelDraw 
CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.

AdobePhotoshop
Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

Corel PhotoPaint
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Perangkat lunak ini biasa dijual satu paket dengan Corel Draw dan Corel R.A.V.E .


Macromedia FreeHand

Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
   
Adobe Flash

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunya file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pad Flash 5.

  • Aplikasi 3D meliputi:

BLENDER
Blender merupakan aplikasi 3D dan animasi terbaik yang dimiliki oleh Linux. Pemakaiannya pun sekarang sudah meluas dan digunakan oleh banyak pecinta desain 3D khususnya aimasi. Pernah digunakan dalam proyek film besar seperti Avatar dan banyak proyek film animasi lainnya, misalnya Big Buck Bunny, dan yang terakhir, Sintel

Info: http://www.blender.org/

WINGS 3D
Diperkenalkan pada tahun 2001 dan dikembangkan pertama kalo oleh Bjorn Gustavsson and Dan Gudmundsson, Wing 3D menawarkan beberapa kelebihan seperi dukungan cahaya,material, dan fasilitas AutoUV maping. Aplikasi ini dibuat dari bahasa pemrogamman Erlang yang bersifat open source, serta memiliki struktur data bernama Winged Edge Data Stuckture yang digunakan untuk menyimpan hubungan adjacency antara tepi, wajah, dan sebuah simpul didalam model Wing 3D.

Info: http://www.wings3d.com/

K-3D
Perangkat lunak 3D modelling dan animasi kali ini memiliki nama yang unik dan sederhana. Namun, dengan melihat nama aplikasinya saja, kita sudah pasti tahu bahwa ini adalah pengolah tiga dimensi. Aplikasi K-3D mengombinasikan banyak plugin dengan visualisasi arsitektur yang dihasilkan. Hal ini yang menjadikan K-3D menjadi salah satu aplikasi yang sangat powerfull untuk dunia desain 3D.

Info: http://www.k-3d.org

CRYSTAL SPACE
Crystal Space merupakan aplikasi penuh fitur sebagai SDK yang menghasilkan gambar 3D untuk digunakan pada game atau virtual reality. Berlisensi LGPL yang bersifat free, aplikasi ini dapat dijalankan pula pada platform Windows maupun Mac OS. Bersifat lebih modular, Crystal Space mudah dikonfigurasi, memiliki mesin rendering yang mendukung Open GL, dan dilengkapi beberapa fitur yang menarikseperti sistem shaders dan pencahayaan, fisik, suara 3D, perpaduan animasi, foliage, terrain, sistem file, dan lainnya.

Info: http://www.crystalspace3d.org

OGRE
Namanya sedikit mengingatkan kita pada sosok makhluk tinggi besar seperti rasaksa yang bermuka buruk. Tetapi, anda salah. Justru, aplikasi ini dapat membuat gambar tiga dimensi menjadi sangat indah. Mulai dari tahun 2011, OGRE telah tumbuh menjadi salah satu aplikasi rendering yang digunakan untuk berbagai macam proyek seperti game, simulator, perangkat lunak pendidikan, serta visualisasi penelitian.

Info: http://www.ogre3d.org/

AQSIS RENDERER
Aqsis merupakan perangkat lunak tiga dimensi yang sudah memiliki standar renderMan, dibawah bendera lisensi GPL, dan sebagian dibawah bendera LGPL. Dibuat pertama kali oleh Paul Gregory yang merupakan manajer proyek dan admin utama dari Aqsis. Semua proyek Aqsis merupakan rendering,shader compiler, dan mendukung beberapa komponen lainnya.

Info: http://www.aqsis.org/

MESHLAB
Meshlab merupakan aplikasi pengolah gambar 3D bersifat open source, portable, dan memiliki sistem extensible untuk pengolahan dan pengeditan 3D. tujuan dari sistem ini adalah membantu pengolahan model terstruktur yang timbul dalam scaning 3D, kemudian menyediakan satu set alat untuk melakukan pengeditan, pembersihan, penyembuhan, pemeriksaan, serta rendering dan konversi.

Info: http://meshlab.sourceforge.net/

OPEN FX
Lahir pada tahun 1999, diciptakan oleh DR> Stuart Ferguson, Open FX memang dilahirkan untuk menjadi aplikasi 3D modelling, animasi, dan rendering yang termasuk dalam kategori open source. Nama pertama dari aplikasi ini adalah SoftFX dan kemudian diganti menjadi OpenFX. Aplikasi ini sekarang menggunakan lisensi GNU Public License (GPL).

Info: http://www.openfx.org/

CELESTIA

Aplikasi ini hampir mirip dengan Atellarium, program astronomi 3D yang diciptakan oleh Chris Laurel. Program ini dibuat berdasarkan Hipparcos Catalogue yang memungkinkan kita merasa seperti sedang menjelajah jagat raya yang dibuat semirip mungkin aslinya dengan berbagai pilihan kecepatan, arah manapun yang akan dituju, dan waktu manapun dalam sejarah Celestia.

Info: http://www.shatters.net/celestia/

ART OF ILLUSION
Sebagai salah satu program 3D modelling yang bersifat free atau open source, semua bagian dari aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrogaman Java dan dapat dijalankan pada java virtual machine yang mendukung J2SE 1.4 atau versi diatasnya. Tujuan dari aplikasi ini adalah menghasilkan alat modelling 3D yang andal dengan menggunakan antarmuka grafis yang banyak ditemukan pada aplikasi modelling 3D lainnya/

Info: http://www.artofillusion.org/


Sumber :
http://usi.feb.unair.ac.id/component/content/article/38-artikel-teknologi/224-10-aplikasi-3d-terbaik
http://juvanister.blogspot.com/2010/10/perbedaan-grafis-2d-dan-3d.html
http://inibukan-blog.blogspot.com/2011/11/grafik-komputer-2d-2-dimensi.html













0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
_No body can go back to yesterday and start new begining but everyone can start today and make new ending_

Popular Posts

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Followers